Informasi Resmi PPI Kab.Klaten

Tugu Peluru Klaten, Kepahlawanan Heroik

Saya anak Klaten asli, dilahirkan dan dibesarkan di Klaten. Dari tahun 1950 pergi bekerja ke luar daerah dan pada tahun 1980 pulang Klaten karena sudah pensiun. Saya bangga tapi juga prihatin. Saya bangga karena Pemkab memberi nama jalan kepada para pahlawannya.

Antara lain Sersan Sadikin, Kopral Sayom dan Kopral Sudibyo yang gugur di medan laga melawan pasukan Belanda. Saya teman dan saksi hidup yang bisa bercerita dari A sampai Z. Namun sayang nama Jl Sersan Sadikin di perempatan GOR ke utara dan Jl Kopral Sayom ring road dan Jl Kopral Sudibyo sampai ke Desa Jetak lor, semuanya tidak nampak lagi.

Kedua, Tugu Peluru yang dibangun tahun 1948 dan dihancurkan tentara Belanda, sesudah penyerahan kepada Pemerintah Republik Indonesia akhir tahun 1949, tugu tersebut dibangun kembali. Tahun 2003 tugu direnovasi dan diberi relief.

Saya prihatin dan hati saya selalu galau melihat relief tersebut karena kejadiannya tidak seperti itu. Sekali lagi saya saksi hidup dan ikut mengangkat Mas Sayom yang gugur ditembus peluru Cal 12,7 dari pesawat Mustang Belanda.

Mohon Pemkab Klaten memberikan nama jalan pahlawannya yaitu API Suhardo yang gugur di medan laga saat bertempur melawan pasukan Belanda di atas jembatan Sobrah, jalan ke Jimbung. Salah satu saksi hidup Sdr Suroso sampai sekarang masih menyimpan peluru Belanda yang mengeram di dalam perutnya. Hal ini saya sampaikan agar generasi penerus mengerti sejarah pahlawan secara benar.

Soenarto
Jl Kopral Sayom 99 Klaten

***

SUMBER

Tinggalkan Balasan

